Wisata Budaya: Kunjungan Berkesan ke Saung Angklung Udjo

Posted by jonas on
Budaya

Angklung merupakan alat musik tradisional asal Sunda yang kini sudah mulai mendunia dan berhasil bikin para bule jatuh cinta pada salah satu kesenian khas Indonesia ini. Saking sukanya, mereka nggak cuma cari tahu informasi tentang angklung aja lho, tapi juga ikut kelas musik dan ikut mainin juga.

Nah lho, mereka orang asing aja suka, terus gimana dengan kita yang lahir dan besar di Indonesia? Pastinya nggak mau kalah kan? Kalau kamu pengen banget belajar sejarah angklung dan cara maininnya, dateng aja ke Saung Angklung Udjo yang terletak di jalan Padasuka 118, Bandung.

saung angklung udjo - bandung

Untuk bisa sampai ke tempat ini, kamu bisa naik transportasi umum dengan memilih jurusan Cicaheum-Ciroyom, terus turun di perempatan Padasuka. Saung Angklung Udjo letaknya 500 meter dari perempatan. Jadi, kalau udah sampe di perempatan ini, bisa jalan kaki atau naik ojek.

Banyak hal yang bisa dipelajari dari keberadaan Saung Angklung Udjo ini guys.. Waktu pertama masuk, kita bakal disuguhin pemandangan tempat yang sejuk dan sederhana, tapi bersih banget.

Oh iya, di saung ini ada tiga tempat utama yang bisa dikunjungi. Pusat kerajinan bambu, tempat khusus buat menciptakan instrumental bambu, dan panggung pertunjukan. Nah, di bagian panggung pertunjukan, kita bakal ngelihat ada banyak orang yang sedang serius belajar memainkan angklung. Mulai dari anak-anak sampai yang udah tua pun ada semua. Mereka ada di sini memang niatnya dateng buat wisata sekaligus belajar. Jadi nggak rugi deh main-mainnya.

belajar main angklung di saung udjo

Beruntungnya waktu dateng ke sini, ada pertunjukan wayang golek yang seru. Selama 15 menit semua penonton yang hadir ikut ketawa ngakak. Nggak bisa dipungkiri sih kalau penyampaian dalang bikin seluruh hadirin nggak kuat nahan ketawa. Udah gitu, meski memperkenalkan kesenian tradisional, tetapi dikemas dengan keren. Jadi mudah buat dipahami dan kita semua nggak bosen selama berada di Saung Angklung Udjo.

Trus di belakang panggung, kita bisa melihat proses panjang pembuatan angklung, jadi tahu deh gimana perjuangan pemilik dan seluruh orang yang terlibat di dalemnya yang terus mencoba melestarikan angklung. Salah satu pekerjanya bahkan mengaku kalau mereka udah jadi pengrajin angklung selama bertahun-tahun.

Tahu nggak? Semua angklung yang dipamerin dan dipake buat latihan itu semuanya asli diproduksi dan dikembangin di sini lho! Jadi sudah satu paket lengkap. Angklung-angklung produksi sendiri ini nggak cuma dipamerin aja guys, tapi juga diekspor ke luar negeri. Negara seperti Swiss dan di belahan Eropa lainnya, kini udah punya komunitas angklung sendiri.

pentas di saung angklung udjo

Di panggung pertunjukan memang nggak pernah sepi. Soalnya untuk menikmati suguhan acara seperti tari dan permainan angklung, kita sebagai pengunjung cuma disuruh bayar Rp50 ribu aja. Tapi kalau kamu masih pelajar, maka selamat, Anda beruntung mendapatkan potongan senilai Rp15 ribu. Syaratnya gampang aja kok, tinggal nunjukkin Kartu Tanda Pelajar atau Kartu Tanda Mahasiswa.

Setelah puas menikmati pertunjukan, kita nggak bisa pulang gitu aja. Karena di Saung Angklung Udjo ini ada tempat buat pengunjung yang mau beli oleh-oleh khas Sunda, terutama ala Saung Angklung Udjo. Ya, hampir mirip dengan tempat lain, cuma cinderamata di sini berciri khas gitu.. Ada gantungan kunci, kaos Saung Angklung Udjo, gelang kayu, dan lainnya. Pokoknya bakal nyesel kalau sampe ke sini tapi ga beli aneka souvenir ala Saung Angklung Udjo!

Kunjungan ke Saung Angklung Udjo bakal jadi wisata yang berkesan dan nggak bakal dilupain deh. Nggak percaya? Coba aja dateng ke sini dan buktiin sendiri.